Saat Berbuka Puasa Tiba, Buah-Buah Ini Lebih Seksi Dibanding Gebetan Lo!

0
669

Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh menghilangkan banyak cairan. So, butuh asupan makanan yang baik untuk memulihkan kondisi tubuh seperti sedia kala. Buah bukan hanya sekedar elepas dahaga pasca berpuasa. Tapi juga sanggup membuat tubuh menjadi segar dan sehat. Lebih segar kalo dibandingkan gebetan lo. Pas buka puasa aja. Buka puasa lewat, gebetan lo tetap lebih menarik!

Blewah  

Dalam buah Blewah mengandung kadar air untuk menggantikan cairan tubuh. Bagus banget untuk jantung dan pembuluh darah. Satu Blewah berbanding 16 kalium dan natrium. Dua zat ini bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Tugasnya bisa sebagai terapi darah tinggi, ngebersihin  karbondioksida dalam darah, dan dapat memacu kerja otot dan simpul saraf. Kalium juga bermanfaat dalam menurunkan resiko serangan stroke.

Dalam Blewah terkandung gula dari monosakarida yang tinggi. Seperti sukrosa dan fruktosa. Sesuai slogan klasik buka puasa, ‘berbuka dengan yang manis’, maka Blewah baik untuk menu berbuka kamu. Kandungan airnya yang tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah 12 – 14 jam tubuh gak mengonsumsi air. Kadar air yang tinggi pada Blewah, bagus juga buat penderita asam urat. Karena airnya dalam memperlancar pengeluaran asam urat dalam tubuh. Besar buahnya, besar pula manfaatnya.

Pepaya

Pepaya dipercaya bisa ngebantu jagain kesehatan pencernaan ketika kita lagi puasa. Dalam pepaya mengandung enzim, vitamin dan mineral yang kaya. Kandungan vitamin A-nya lebih banyak dari pada wortel, dan vitamin C-nya lebih gede dari pada jeruk. Pepaya juga kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E. Enzim papain dalam pepaya berfungsi mempercepat proses pencernaan protein. Nggak terlalu gede sih kadar protein dalam papaya. Meskipun sedikit, hapir seluruhnya bisa dicerna dan diserap tubuh. Enzim papain dalam papaya bisa mencerna zat sampe 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri.

Dalam kondisi mentah, papaya bisa ngatasin sembelit, memperlancar ASI, meredam gangguan menstruasi maupun gangguan lambung. Sementara kalo kondisinya matang, buah ini berfungsi ningkatin asupan serat yang ngebantu ngejaga pencernaan sekaligus memperlancar BAB.

Kelapa

Selama puasa, air kelapa sangat diburu untuk minuman berbuka. Cairan yang hilang dalam tubuh selama 14 jam bisa berupa urine, keringat atau yang lainnya. Jadi penting banget minum air kelapa. Menurut para peneliti nih, air kelapa mengandung komposisi elektrolit atau mineral yang seimbang dan mirip banget dengan cairan darah manusia.

Kandungan dalam air kelapa  itu berupa, air, nitrogen, asam frostat, kalium, kalsium oksida, magnesium oksida, gula dan zat besi. Semua kandungan tersebut gak ada efek negatifnya. Sejak jaman nenek moyang nih, air kelapa tuh salah satu obat herbal jempolan. Khususnya buat memperlancar susah kencing, mabuk, kelelahan, dan belakangan banyak yang bilang mujarab buat naikin cairan ketika kena demam berdarah. Yang perlu dicatat, air kelapa nggak ada bahan kimianya.

Pisang

Menyantap sebuah pisang, bisa ngebalikin stabilitas dalam tubuh. Pisang, merupakan buah yang kaya akan potassium. Zat ini sama aja dengan mineral penting yang bisa menormalkan detak jantung, ngirim oksigen ke otak dan bisa ngendaliin kadar cairan dalam tubuh. Buat yang diet, pisang buah wajib dikonsumsi. Teksturnya yang lembut, disinyalir bisa mencegah gangguan pencernaan, menetralisir zat asam dan mengurangi iritasi bagian dalam perut. Pisang juga kaya akan kandungan fiber, sehingga bisa bikin perut lebih cepat ramping.

Pusing buka puasa dengan apa, menggiling pisang dengan blender dan tambahan madu dapat juga menggantikan kadar gula dalam darah. Sementara kalo ditambah susu, malah membantu proses rehidrasi sistem tubuh.

Semangka

Dalam semangka, sejumlah kandungan gizi baik buat tubuh yang abis berpuasa seharian. Kandungan vitamin A dan C bagus buat mata dan antioksidan yang baik. Terdapat kalium untuk penurun tekanan darah serta karetenoid yang bis amencegah pengerasan dinding arteri dan pembuluh vena. Semangka kaya akan kandungan citruline yang bermanfaat untuk mengurangi lemak yang berlebih di dalam tubuh. Kandungan air yang tinggi pada semangka juga penting dalam mengurnagi lemak tubuh, serta memenuhi asupan cairan tubuh. Sementara likopen semangka lebih ampuh untuk memerangi radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit.

Anggur

Buah surga sebagian orang menyebutnya. Terdapat kandungan  Resveratrol, salah satu antioksidan yang paling menonjol dari anggur. Resveratrol membantu menurunkan risiko stroke dengan memangkas mekanisme molekular di dalam pembuluh darah. Sementara nilai gizi dalam anggur, terdapat vitamin C, B1, B6 serta meniral mangan dan kalium. Dimana semua kandungan tersebut akan menjaga ketsabilan dalam tubuh.

 

 

LEAVE A REPLY