Hey, Di Tempat Ini Rasanya Seperti Sedang Menyaksikan Harry Potter Bermain “Quiddicth”

0
1275

Hamparan perbukitan nan hijau yang terbalut dengan bebatuan yang terbentuk secara alami, menjadi view sejauh mata memandang. Kalo cuaca dan udaranya lagi ngedukung, panorama gunung salak di Bogor, menjadi komposisi frame yang amat mengagumkan. Hampir menyerupai frame-frame yang ada di scene film fantasi, Harry Potter.

Tempat ini populer dengan sebutan Stone Garden. Sebuah taman bebatuan yang terletak di kampung Giri Mulya, Desa Gunung Masigit, Cipatat, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat bisa dibilang lokasi bersejarah dan memiliki nilai ilmu yang tinggi. Berada diketinggian 908 mdpl dan memandang ke hamparan perbukitan, seakan sedang menyaksikan Harry bermain pertandingan quiddict dilangitnya. Sungguh mengagumkan.

200

 

Menurut cerita yang tertera pada dinding informasi, dengan luas hamparan sekitar 2 ha, Stone Garden terbentuk secara alami sekitar 20-30 juta tahun yang lalu. Bebatuan Gamping di di areal taman sangatlah langka. Bisa dibilang, kawasan Karst Citatah yang masih jarang tersentuh wisatawan ini, salah satu warisan tertua di Pulau Jawa

Gimana gak coba yah. Batu gamping atau disebut dengan Karst  ini, biasanya terbentuk di dasar lautan dan di susun oleh berbagai cangkang binatang laut dalam kurun waktu jutaan tahun. Namun melalui proses geologi akhirnya endapan batu tersebut terangkat ke permukaan laut dan membentuk dataran atau pegunungan batu gamping.

170-edit

Berlokasi hanya sekitar 40 menit dari pusat kota Cianjur ini, rasanya gak susah untuk menuju ke Stone Garden. Dan biaya untuk mampir ke sini juga gak mahal. Pengunjung dikenakan tiket 5.000/orang dan 5.000/kendaraan. Namun sebelumnya, ormas setempat udah meminta bayaran terlebih dahulu sebesar 10.000/kendaraan. Entah kegunaanya untuk apa, karena jalan menuju lokasi masih tak kunjung membaik.

179-edit

Fasilitas parkiran cukup luas. Ada toilet dan musholla yang disediakan pihak setempat. Kalo mo makan dan minum, disana pun berjejer warung-warung. Yang menarik, disana bisa menguji adrenalin kita untuk menaiki hammock yang terikat diantara dua tebing. Hmmm, kalo mo ngerasain sensasinya, yang ini kena charge lagi yah.

201-edit

Nah, bingung mo berakhir pekan dimana? Kalo mo murah meriah, menunggu sore di Stone Garden juga asik! Seperti yang diutarakan diawal, scene-scene film Harry Potter, seakan nyata di sini. Tunggu apa lagi, nih. Tentukan jadwalnya yuk. ([email protected]/foto : ncek)

 

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.