Ada Mereka Dibalik Debut Musikal Eva Celia Lesmana

0
1465

Gadis cantik ini emang udah diprediksi bakal meneruskan karir seni kedua orang tuanya. Tinggal kata hatinya aja yang menentukan dikemudian hari, menjadi seorang aktor atau menjadi musisi. Toh keduanya bakat yang diturunkan langsung. Jadi gak masalah kalo keduanya berjalan beriringan.

Semenjak olah vokalnya diperkenalkan oleh bokapnya, Indra Lesmana, di acara-acara jazz, Eva udah menunjukan bakat menyanyi yang luar biasa. Teknik bernyanyinya sungguh mengagumkan banyak orang pada waktu ini.

Entah kapan pertama kali diperkenalkannya, namun ketika berkolaborasi dengan Indra Lesmana dan Monita Tahalea dalam membawakan lagu Message in the Bottle-nya Sting di sebuah kafe di Jakarta dalam acara Mostly Jazz 3 tahun silam, tanpa canggung dia melahap tiap bait lirik dengan caranya sendiri. Sejak itu, cewek cantik turunan Belanda, Jerman dan Jawa ini terlihat enjoy dalam membawakan lagu-lagu bernuansa jazz.

Tak heran dua perhelatan Jazz, Java Jazz (2013) dan Indonesian Jazz Festival (2015) Eva udah dilibatkan. Menariknya, dalam acara Konser 40 Tahun Eross Djarot Berkarya (2014) Eva pun ambil bagian saat membawakan lagu Semusim.

Dan pada akhirnya, keputusannya untuk merilis sebuah album debut  bertajuk And So It’s Begin bukanlah sebuah keburu-buruan atau latah. Karena album yang berisikan 8 track berbahasa Inggris telah diproyeksikan sejak 3 tahun silam. Dan berkat 3 sosok inilah, impian Eva Celia dalam berkarir di musik terwujud. Berikut sosok-sosok penting dalam debut karir Eva Celia di musik.

Indra Lesmana (Ayah, Song-writer, Arranger, Producer)

Gak bohong, tumbuh bersama ayah sekaligus musisi jazz legendaris Indonesia ini menjadikan Eva layaknya benih emas di scene musik jazz. Olah vokalnya cukup apik dalam membawakan sejumlah musik jazz atau pop yang di jazz-kan.  Dan asiknya, cewek kelahiran Jakarta 24 tahun silam juga cukup mahir dalam memainkan beberapa alat musik.

indra-lesmana

“Jujur, musik Ayah punya pengaruh besar dalam album saya. Namu lebih jauh lagi, sejak kecil yang namanya memperbincangkan tentang album adalah salah satu topik yang sering kami bicarakan dengan ayah. Namun semenjak bermusik dengan Ayah, saya justru punya keinginan jangan Ayah yang membuat album ini. Dan syukur Ayah cukup pengertian. Dia cukup kaget dengan hasil album ini. Kagetnya senang sekali tentunya,” kata aktris yang udah berperan di  4 judul layar lebar ini.

 

Sophia Latjuba (Ibu, Penyanyi, Selebritis)

Nama ini cukup hits di scene hiburan tanah air. Lupakan gosip belakangan mengelilinginya di layar kaca. Namun sekedar informasi kalo nyokap Eva Celia ini pernah mengundang decak kagum saat berduet dengan Indra Lesmana. Duetnya adalah salah satu yang tersukses dieranya.

Nomor-nomor seperti Tiada Kata, Hanya Untukmu, Keinginan, hingga Tak Kubiarkan merupakan deretan trek hebat buah kerjasama keduanya saat “masih akur”.  Best Album Arrangement di ajang BASF Award 1994 bukti kalo Anak-KD bukan satu-satunya duet suami-istri tersukses.

sophia-latjuba

“Mama juga punya pengaruh yang besar terhadap karir musik aku saat ini. Dia tempat curhat aku ketika saat rekaman. Dia sosok yang sangat pengertian sekali. Sisi emosi yang ada dalam album ini merupakan andil mama.  Mental aku terbentuk seperti sekarang karena support mama,” ujarnya.

 

Tendra Leonard (Bassist, Song-writer, arranger, producer)

Membentuk proyek bersama Gruvi dan melepas 3 album selama durasi kurang lebih 4 tahun, menjadikan si pembetot bass sangat paham bagaimana survive di scene musik. Hingga suatu ketika dia seakan menemukan sosok baru dan berbakat di Industri musik dikemudian hari. “Saya melihat ada sesuatu yang special dibalik perempuan ini. Bakatnya cukup besar, gue percaya banget bakal jadi sesuatu nih kalo di asah,” kenang pria yang gemar menggunakan topi ini.

dsc_0535

Dan berkat sebuah proyek kolaborasi, Eva pun seakan menemukan sosok yang bisa memotivasinya untuk melangkah lebih jauh di scene musik. “Jujur, gue menemukan sosok Ayah ketika ngomongin musik dengan Tendr. Bahkan ngomongin yang lain pun dia punya jawabannya. Dia orang yang pas banget buah jadi partner di album ini. Semuanya dimulai ketika kita berkolaborasi. Dan terus jalan sampe sekarang,” tutup Eva. ([email protected]/foto: ncek,istimewa)

 

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.