3 Pilihan Olahraga Saat Berpuasa

0
531

Ada yang bilang berolah raga saat ngejalanin puasa malah bikin lemes. Bukankah tubuh masih menyimpan cadangan energi dalam bentuk lain saat gak ada asupan selama berpuasa. Lantas, olahraga apa yang pas saat kita sedang berpuasa, sehingga ibadah dan kesehatan jasmani tetap terjaga.

Meskipun sedang berpuasa, ada baiknya tetap berolah raga untuk menjaga kebugaran tubuh. Nggak mesti tiap hari juga. Cukup olahraga 3-5 kali dalam seminggu selama 30 menit. Olah raga boleh dilakukan setelah beribadah di waktu subuh atau menjelang berbuka. Yang lebih asik sih berolah raga menjelang buka. Selain gak perlu menunggu waktu lama untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Ketika waktu berbuka tiba, cairan di tubuh yang hilang segera tergantikan.

Oh iya, pastikan kondisi badan kamu emang lagi fit kalo ingin tetep melakukan olah raga di saat berpuasa. Memaksakan olah raga ketika kondisi tubuh lagi gak baik, malah bisa bikin fatal. Dan jangan lupa, pilih lah olah raga yang sesuai dengan kemampuan fisik. Gak mesti sampe bercucuran keringat. Yang penting ada gerakan intens untuk tetap menjaga proses metabolisme dalam tubuh. Dan berikut pilihan olahraganya.

aerobic1

Aerobik

Karena olah raga ini lebih banyak menggunakan oksigen sebagai sumber energi, bisa dibilang aerobik olah raga yang banyak dilakukan selama puasa. Gerakan yang dilakukan saat aerobik lebih seimbang serta berulang-ulang. Sebagai olah raga yang ringan, aerobic gak banyak menggunakan tenaga. Namun, efek aerobik sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Jangan lupa, karena gerakannya terlihat monoton dan mudah, tetap membutuhkan pemanasan dan peregangan baik sebelum dan sesudah berolah raga.

Jogging atau Jalan santai

Gerakan ketika berjalan santai jelas sangat monoton. Meski gerakannya berulang, olah raga ini cukup baik buat tubuh yang sedang berpuasa. Selain olah raga ini gak butuh banyak tenaga, jogging juga olahraga yang bisa bikin hati senang. Secara psikologis, jogging menjadikan hormon endorfin meningkat. Hormon ini memberikan rasa kebahagian yang berefek pada hilangnya stress. Secara fisik? Tentu aja jogging baik untuk meningkatkan stamina, menurunkan berat badan, membakar lemak, dan juga mencegah datangnya penyakit.

bersepeda

Bersepeda

Bersepeda adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa aja. Olah raga ini cukup menyenangkan dan bermanfaat banyak. Secara fisik, bersepeda menjaga kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung. Sementara secara psikologi, bersepeda baik untuk kesehatan mental. Bersepeda saat berpuasa, kudu hindari atmosfir bertenaga. Bersepeda di saat cuaca terik malah menghabiskan banyak stamina yang harus diganti. Itu sebabnya, hindari bersepeda saat matahari masih terik. Bersepeda bersama teman-teman dan dilakukan menjelang berbuka puasa, tentu lebih menyenangkan dan asik. ([email protected]ka/foto:istimewa)

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.